Status PPKM Bontang Turun Jadi Level 3

share on:
Pembatasan kegiatan masyarakat di Bontang, Kalimatan Timur

UPDATEINDONESIA.COM- Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Bontang, turun menjadi level 3. Ketentuan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri  No. 32 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2, 1 Luar Jawa Bali.

Selain Bontang, sejumlah kabupaten kota di Kaltim yang masuk dalam kategori level 3 antara lain Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Ulu, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sedangkan Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Paser masuk kategori level 4. Hal itu tertuang tertuang dalam Inmendagri Nomor 31 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim M Syafranuddin menyebut, kriteria level 3 di suatu wilayah berdasarkan rekomendasi WHO yaitu terdapat 50-150 kasus COVID-19 per 100 ribu penduduk, 10-30 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, dan 2-5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk di daerah tersebut.

Sementara Level 4 yakni ada lebih dari 150 kasus COVID-19 per 100 ribu penduduk, lebih dari 30 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, dan lebih dari 5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk.

"Kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen oleh Kementerian Kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti 5 provinsi yang mengalami kasus harian tertinggi selama PPKM. Di antaranya, Kalimantan Timur, Sumatera Utara Papua, Sumatera Barat , dan Riau. (*)