Samsung Kembangkan Pesaing AirDrop Apple

share on:
Ilustrasi

TEKNO UPDATE - Samsung dikabarkan tengah mengembangkan layanan berbagi file (file sharing) dalam jarak dekat yang mirip seperti AirDrop milik Apple.

Layanan anyar yang diberi nama Quick Share ini diprediksi bakal diperkenalkan pada perhelatan Galaxy Unpacked Februari mendatang.

Berbagai hasil tangkapan layar (screenshot) yang tersebar di dunia maya memperlihatkan cara kerja Quick Share sama persis dengan AirDrop. 

Tinggal aktifkan, lalu data atau file dari ponsel satu bisa terkirim secara instan ke ponsel Samsung lain yang berada di dekatnya selama dia juga telah menyalakan Quick Share tersebut.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa membatasi siapa saja yang bisa mengirimkan file ke ponsel masing-masing, apakah hanya orang-orang yang ada di daftar kontak kita atau “siapa saja”.

Quick Share juga disebut-sebut bisa digunakan untuk mengirim data ke perangkat SmartThings. Caranya tinggal unggah file kita ke Samsung Cloud.

Rumor terbaru menyebut kalau Quick Share kemungkinan diperkenalkan Samsung berbarengan dengan rilis seri Galaxy S20 di San Francisco, Amerika Serikat mendatang.

Fitur AirDrop yang meluncur pada 2011 itu memang dianggap sangat membantu bagi perangkat iOS dan macOS untuk saling bertukar data. Sementara Android telah berupaya untuk mengembangkan layanan sejenis.

Android sempat meluncurkan “Android Beam”, fitur yang mirip seperti cara kerja NFC namun fitur ini langsung dimatikan seiring dirilisnya Android 10.

Aplikasi Google Files memang memiliki fungsi yang mirip, namun dianggap belum bisa setara seperti perangkat Apple dan belum menjadi aplikasi bawaan di perangkat di Android.

Bocoran XDA Developers mengatakan kalau Android bakal dibekali fitur baru bernama Nearby Sharing yang juga diklaim hadir untuk menyaingi AirDrop. (*/rus

sumber-useetv 


share on: