Sambangi Bontang, Ini Pesan Kapolda Kaltim

share on:
Kapolda Kaltim, Irjen. Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H berbicara di depan Forkopimda, Pimpinan Perusahaan, dan tokoh masyarakat di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Rabu (12/2/2020) malam.

UPDATE.BONTANG- Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Muktiono dalam kunjungan kerjanya ke kota Bontang, mengajak masyarakat bijak menggunakan media sosial (medsos). Apalagi saat ini penduduk dunia sedang dirundung wabah virus corona (nCoV).

"Bijaklah menyikapi informasi di media sosial, apabila ada berita yang dirasa tidak relevan atau tidak masuk akal segera kroscek instansi berwenang," ujarnya.

Menurut perwira polisi bintang dua di pundak ini, informasi hoax di medsos belakang kian marak dan berdampak buruk terhadap masyarakat.

Perkembangan opini juga kian sulit terbendung. Sehingga pengguna gadget wajib melakukan cek and rick agar informasi hoax tidak berkembang liar.

"Beberapa pelaku yang telah diamankan tidak menyadari bahwa konten yang disebarkan membawa pengaruh buruk. Ada juga iseng untuk menarik follower," tungkasnya.

Persoalan lain yang harus dihindari kata perwira polisi jebolan Akpol 1985 ini, adalah penyalahgunaan narkotika. Ia menilai peredaran barang haram itu tidak cukup dicegah dengan penegakan hukum, melainkan butuh peran serta masyarakat.

"Narkoba itu seperti gurita, makin lama memakai bukannya sembuh, tapi justru sebaliknya. Alhasil pecandu narkoba pasti menjadi beban seumur hidup. Untuk itu harus ada pencegahan dini di lingkungan keluarga," tegasnya. 

Kemudian pesan ketiga mantan Kapolda Sulsel dan Maluku ini adalah menjaga kedamaian. Ia berharap situasi Bontang yang sudah nyaman dan damai tetap terpelihara. (sena)


share on: