Pemerintah Evakuasi WNI Dari Wuhan Ke Natuna

share on:
238 WNI Dari Wuhan, China Tiba Di Tanah Air, Minggu (2/2/2020)

UPDATE INDONESIA- Sekitar 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi dari Wuhan. Mereka tiba di Batam menggunakan pesawat Batik Air, Minggu (2/2).

Setibanya di Batam, mereka di skrining sebelum diangkut pesawat TNI untuk dikarantina selama 14 hari di Pulau Natuna. Pemulangan WNI ini merupakan imbas virus corona (nCoV) yang menyerang penduduk China.

Sebelum tiba di Tanah Air, seluruh WNI telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Bandara Internasional Wuhan. Hal ini untuk memastikan kesehatan WNI. Begitupun saat transit di Batam.

“Kita cek ulang disini (Natuna), saya harus memastikan semua harus dalam kondisi baik. Dan hasil skrining ulang itu clear semua (tidak ada yang suspect nCoV) kita confident itu clear,” tutur Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto di kutip dari laman kemenkes.go.id

Dari informasi awal yang diterima pihak Kementerian Kesehatan, jumlah WNI yang dipulangkan mencapai 245 orang. Namun, jumlah yang tiba di Indonesia hanya 238 orang. 

Empat orang batal ikut pulang karena merasa lebih nyaman. Sementara 3 orang sisanya dinyatakan tidak lolos skrining oleh Pemerintah Cina.

Ia menyebut ketiga WNI yang tidak lolos skrining harus melaporkan diri ke otoritas Cina untuk diobservasi lebih lanjut. Meski demikian, pihaknya tetap akan membantu mereka untuk konsultasi melalui telepon.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau meminta warga Natuna tidak khawatir soal keberadaan karantina Bagi WNI yang baru dipulangkan dari Wuhan. 

Sebab, selain WNI yang baru datang dari Wuhan dalam kondisi sehat, meski pernah tinggal di Wuhan, daerah yang diisolasi karena penyebaran corona. Lokasi karantina juga dibangun jauh dari pemukiman warga.

Sebelumnya, keberadaan observasi dan karantina di Natuna sempat mendapat penolakan. Warga setempat menggelar aksi menolak lantaran menilai fasilitas kesehatan di Natuna belum memadai. Selain itu, massa juga khawatir muncul virus corona di wilayahnya. (**/rus).


share on: