Kiki Pantura Pikat Pengunjung Bakul Fest 2019, Penghasilan PKL Meningkat Drastis!

share on:
Penampilan Kiki Bintang Pantura pada malam puncak penutupan Bakul Fest 2019

UPDATE KUTIM- Malam puncak Bandar Kuliner (Bakul) Fest 2019 yang kegiatan yang digagas Asosiasi Pedagang Kaki Lima (Aspal) Kabupaten Kutai Timur berlangsung meriah, Sabtu (7/12) malam.

Hiburan dari sejumlah artis ibu kota seperti Nañdar KDI, Nurul Aina dan Candra Idol, dan Kiki Bintang Pantura menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan pedagang.

Koordinator kegiatan Bakul Fest 2019, Boim merasa bersyukur acara ini berjalan lancar. Terpenting bagi dia, kegiatan yang di konsepnya itu mampu menyita perhatian pengunjung.

"Alhamdulillah malam puncak ini pengunjung membludak dan berdesak-desakan, semua ingin melihat penampilan artis ibu kota. Terutama Kiki Bintang Pantura yang ternyata banyak fans di Sangatta," tuturnya. 

Ketua Aspal, Nanang Suwanto menjelaskan Bakul Fest 2019 merupakan kegiatan swadaya yang dikemas berbentuk bazar dan merangkul pelaku UMKM dalam rangka peningkatan pendapatan sekaligus merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif.

Ide awal Event ini tercetus menyusul munculnya keluhan dari para pedagang yang mengaku kesulitan mencari wadah atau tempat untuk mempromosikan produk olahan mereka.

"Kami di teman-teman Aspal mencoba membuat terobosan baru agar UMKM di Kutai Timur membuat event yang dikemas dengan santai sambil belanja dengan hiburan komunitas Band dan artis ibukota supaya suasananya tidak seperti pasar malam," ungkapnya.

Ia mengklaim selama delapan hari berjualan di Bakul Fest, para pedagang mengaku senang karena penghasilan mereka meningkat drastis.

"Mereka (pedagang.red) bahkan meminta kepada kami (Aspal,Red) agar diikutsertakan tiap ada event. Karena sebagian dari pedagang mengaku baru kali pertama ada wadah seperti ini yang berani menyediakan sewa lapak yang tidak mencekik," ujar Nanang menirukan pernyataan pedagang.

Menyikapi permintaan pedagang, Nanang berencana mengadakan event serupa di 18 kecamatan yang di Kutim.

"Awal 2020 mendatang kita sudah mulai persiapan," pungkasnya. 

Diketahui Bakul Fest mulai digelar pada 30 November hingga 7 Desember 2019 di Halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur. Sejumlah artis ibu kota yang tampil dari event ini meliputi Chandra Indonesian Idol, Kiki Bintang Pantura, Nurul KDI hingga Nandar KDI. (Boim)


share on: