Fraksi PKS Minta Pemkot Bontang Utamakan Pembangunan Prioritas Tahun Depan 

share on:
Saat berjalannya rapat pandangan fraksi DPRD Bontang

UPDATEINDONESIA.COM– Fraksi PKS di DPRD Bontang sampaikan delapan item pembangunan prioritas Kota Bontang, saat berlangsung nya Rapat Paripurna soal pandangan fraksi-fraksi DPRD Bontang soal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Murni Kota Bontang tahun 2022 pada Senin (18/10/2021).

 

Anggota fraksi PKS, Ma’ruf Effendy mengatakan, Pemkot Bontang harus mengutamakan pembangunan seperti normalisasi sungai dengan cara dikeruk, pembangunan waduk dan folder sebagai penampungan bahan baku air bersih dan sebagai pengendali banjir, dalam pembangunan agar Pemkot Bontang memaksimalkan Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Untuk pembangunan turap sungai dan lainnya, sehingga tidak hanya mengharapkan APBD semata.

 

Lalu, menggalakkan Urban Farming oleh dinas terkait, dalam rangka ketahanan pangan di lingkungan perumahan. Dan terolahnya lahan kosong supaya menjadi lebih produktif, perbaikan dan perawatan drainase jalan di Bontang. 

 

“Dan pembangunan jembatan yang berada di Jalan Pontianak. Tepatnya yang berada di samping jembatan PLTD. Serta adanya pemakaman umum muslim, khususnya di Bontang Barat,” papar Ma’ruf Effendy.

 

Menanggapi itu,  Wakil Wali Kota Bontang, Najirah menuturkan soal pemaksimalan Bankeu, Pemkot sudah mengajukan program-program pembangunan supaya mendapatkan anggaran tersebut. Sementara, ikwal menggalakkan Urban Farming.

 

“Itu menjadi bagian dari program stimulan RT,” tuturnya. Selasa (19/10/2021). di Rapat Paripurna soal jawaban Pemkot Bontang atas pandangan fraksi- DPRD Bontang soal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Murni Kota Bontang tahun 2022. 

 

Kemudian, soal permintaan pengerukan sungai, pembangunan dan perbaikan drainase dalam kota. Akan diupayakan diakomodir  dalam RAPBD tahun 2022. 

 

Untuk pembangunan jembatan di samping PLTD anggaran pembangunannya sudah diusulkan  melalui Bankeu. Sedangkan pembangunan waduk dan folder, prioritas nya adalah perencanaan pengadaan lahan.

 

“prihal direncanakannya sarana Tempat Pemakaman Umum (TPU) muslim di Bontang Barat, Pemkot memberikan penjelasan bahwa, TPU muslim masih bisa difasilitasi oleh TPU di Guntung dan Bontang Lestari,” ujar Najirah. (adv)