Chef Toni : Potensi Kuliner Bontang Menjanjikan

share on:
Chef Toni Iswanto Trinanda serahkan sertifikat kepada peserta pelatihan kuliner

UPDATE.BONTANG - Chef Toni Iswanto Trinanda mengaku kagum terhadap perkembangan kuliner di Bontang Kalimantan Timur yang begitu menjanjikan.

Namun disisi lain ia juga menilai pesatnya pertumbuhan industri makanan tidak dibarengi konsep matang, akibatnya beberapa pengusaha kuliner tak mampu bersaing. 

"Terus terang saya kaget juga melihat kuliner di Bontang yang tumbuh pesat. Bagus kalau bicara mengenai variasi tapi tetap ada yang tertinggal," katanya usai menjadi instruktur pelatihan kuliner di Bontang, Senin (2/12) siang.

Menurutnya, pelaku industri makanan di Bontang harus berani berinovasi jika tidak ingin tertinggal dengan daerah lain. Misalnya, muncul pengusaha kuliner yang berbasis kekinian atau yang sedang tren, berpikir untuk menyenangkan konsumen, serta penyajian makanan dan minuman yang Hygiene dan Sanitasi dengan sanitasi yang baik. 

Dalam pengamatannya, pelaku industri makanan di Kota Taman terkadang lupa bahwa bisnis kuliner adalah jasa, bukan jualan mobil. Berbicara soal usaha jasa tentu pelayanan yang utama disamping memperhatikan kualitas produk dan bahan baku.

"Ini yang masih dilupakan karena karena peta persaingan belum ketat," ucapnya. 

Kendati demikian, ia meyakini peta persaingan bisnis kuliner di Bontang dalam kurun waktu dua tiga tahun kedepan akan lebih ketat. Sehingga makanan maupun minuman yang disajikan lebih hygiene dan milenial.

"Kalau ada yang tidak siap! hilang," tegasnya. (Rus)


share on: