Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan Segera Dibuka, Berikut Syaratnya!

share on:
Sosialisasi Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan Tahun 2020 (Foto - M. Fauzi/Humas PKT)

UPDATE BONTANG - Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan Tingkat Perguruan Tinggi tahun ini kembali dibuka. Karena itu, masyarakat maupun siswa yang ingin berpartisipasi diminta mempersiapkan diri.

"Program ini telah kami laksanakan dari 2008 hingga 2019 dan sejauh ini sudah ada sekitar 161 mahasiswa yang menerima manfaat program ini," beber Manajer CSR Pupuk Kaltim, Fachri Husaini dalam acara sosialisasi Beasiswa Pupuk Kaltim peduli Pendidikan tingkat perguruan tinggi, di Kantor Pusat PKT Bontang, Kamis, (6/2).

Fachri menjelaskan, beasiswa peduli pendidikan merupakan salah satu program CSR yang dilaksanakan sebagai wujud dan komitmen dalam menjalankan visi misi perusahaan. Terutama visi ke-6, yakni memberikan nilai serta manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat. 

Tahun 2020 ini, sebutnya, program Pupuk Kaltim peduli pendidikan sedikit berbeda dari sebelumnya. Kemudian untuk membuka kesempatan yang lebih luas lagi, Kami menambah satu perguruan tinggi, yakni Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) untuk jenjang D3 dan D4.

"Tujuannya adalah Pupuk Kaltim ingin lebih tepat sasaran dan bermanfaat di dunia kerja," mantan Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia ini.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagaan dan kebudayaan Disdikbud Bontang, Eka Ansarri, menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pupuk Kaltim yang senantiasa menjalankan program tersebut rutin tiap tahun.

"Harapan kami program ini tetap berkelanjutan tiap tahun dan bisa memberikan dampak positif terhadap dunia pendidikan di Bontang," ujar Eka. 

Sosialisasi Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan Tahun 2020 (foto - M. Fauzi/Humas PKT) 

Adapun persyaratan umum yang wajib dipenuhi jika ingin bergabung antara laian : 

1. Calon peserta berdomisili di Bontang dibuktikan dengan fotocopy KTP dan KK.

2. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2020 dibuktikan dengan fotocopy surat keterangan lulus dari sekolah. 

3. Lulus SNMPTN/SBMPTN/SNMPN di Universitas dan Jurusan yang telah ditentukan oleh panitia seleksi.

4. Berasal dari keluarga kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan dari Kelurahan. 

5. Perguruan tinggi di Kalimantan Timur hanya diperuntukkan bagi calon peserta yang berdomisili di Kelurahan Guntung dan Loktuan.

6. Mengisi form pendaftaran online di www.pupukkaltim.com/pktdaftaruviv.

7. Memiliki akun gmail.com untuk memdaftar. 

8. Menyiapkan softcopy file format (JPG/JPEG/PNG/PDF/XLS/XLSX) maksimal 10 MB sebelum melakukan pendaftaran online. 

9. Setiap peserta wajib mengikuti tahapan seleksi penyelenggara.

10. Calon peserta didiskualifikasi atau dinyatakan gugur apabila memalsukan berkas administrasi. 

Begitupun kelengkapan berkas yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran online, meliputi fotocopy KTP dan KK, fotocopy surat keterangan lulus dari sekolah, surat keterangan kurang mampu dari kelurahan, fotocopy slip gaji atau surat keterangan penghasilan orangtua murid dari kelurahan.

Berikutnya, fotocopy tagihan listrik PLN dua bulan terakhir atau surat keterangan jumlah pembayaran listrik yang diketahui RT setempat apabila menggunakan voucher, fotocopy tagihan PDAM (2 bulan terakhir), fotocopy bukti pembayaran internet atau telepon rumah (2 bulan terakhir) jika ada, foto fisik rumah (tampak depan, dalam, dan samping kiri maupun kanan), gambar lokasi rumah atau tempat tinggal.

Diketahui program beasiswa Pupuk Kaltim peduli pendidikan tingkat perguruan tinggi mencakup 14 universitas ternama yang tersebar di Indonesia, seperti UGM, UI, UNAIR, ITS, IPB, UNHAS, ITS, UNPAD, UNDIP, UNIBRAW, ITK, ISI, dan POLNES. (sena)


share on: