Buka Erau Pelas Benua Bontang, Ini Pesan Basri Rase

share on:

UPDATE.BONTANG,- Wakil Walikota Bontang Bontang Basri Rase saat membuka Erau Pelas Benua Bontang pada Selasa (25/9) mengatakan, Erau Pelas Benua Bontang yang diperingati setiap tahun secara turun temurun oleh masyarakat kutai mempunyai sejumlah tujuan vital dan strategis.

 

Diantaranya mensosialisasikan nilai-nilai inklusi sosial yang saat ini tengah berkembang pesat di masyarakat adat kutai Bontang. Kedua untuk mendorong terciptanya komunitas adat kutai yang kondusif baik dari sisi moralitas adat istiadat maupun nilai-nilai lokal sebagai identitas asli masyarakat Kutai.

 

“Melestarikan kebudayaan adat istiadat bagi masyarakat kutai Bontang yang terbukti telah memiliki harmonisasi alam dan lingkungan untuk kehidupan sosial, nilai-nilai budaya dan adat istiadat telah menjadi perekat sosial yang mampu menjadi landasan kuat bagi masyarakat adat setempat, dalam rangka menjaga dan menyerukan integrasi sosial menuju cita-cita yang besar, yaitu penguatan integrasi bangsa, menopang persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

 

Selain itu ajang Erau Pelas Benua juga diharapkan dapat berdampak kepada pengembangan sektor pariwisata sesuai dengan tujuan pelaksanaan agenda tahunan tersebut.

 

“Harapan saya atas nama Pemerintah Kota Bontang semoga pelaksanaan Erau Pelas Benua ini dapat membangkitkan semangat dan memberikan dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat Bontang. Serta mampu meningkatkan potensi wisata Bontang di masa mendatang,” tambahnya.

 

Mengingat sangat vitalnya potensi nilai-nilai budaya dan adat istiadat dalam membangun sendi-sendi kehidupan masyarakat Bontang guna mendorong percepatan pembangunan daerah dalam segala aspek.

 

Program pembangunan Kota Bontang seperti Green City, Smart City, dan Kreatif City merupakan ruang bagi masyarakat Bontang mengembangkan nilai-nilai budaya dan adat istiadat Kutai di Bontang.

 

“Terbentuknya forum penguatan kearifan lokal dalam mendukung pembangunan di segala aspek sangat dibutuhkan dalam pergelaran Erau Pelas Benua Bontang,” tutup Wawali Basri Rase. (*)

Wartawan : Sena


share on: